Contoh Tesis : Pendekatan Penelitian

Berikut adalah pendekatan penelitian Tesis

 Pendekatan Penelitian 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis. Menurut Issac dan Michael sebagaimana dijelaskan Jalaluddin Rakhmat, bahwa pendekatan deskriptif bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Dengan perkataan lain, pendekatan deskriptif adalah suatu metode penelitian yang melihat obyek/kondisi, gambaran, secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta yang diselidiki dan hasilnya dapat dipergunakan untuk pengambilan di masa mendatang.[1] Pendekatan deskriptif juga bertujuan untuk mendapatkan uraian mendalam tentang ucapan, tulisan, dan tingkah laku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat maupun organisasi dalam setting tertentu yang dikaji dari sudut pandang yang  komprehensif. [2]

Selain itu penelitian deskriptif juga dikemukakan mempunyai dua tujuan, yaitu:

1.      Untuk mengetahui perkembangan sarana fisik tertentu atau frekwensi terjadinya aspek         fenomena sosial tertentu.

2.      Untuk mendeskripsikan secara terperinci fenomena sosial tertentu.

Dalam penelitian ini, penulis berusaha untuk mencari informasi/data tentang komunikasi antar pribadi(interpersonal) pimpinan yayasan Almubarakah dengan para guru yang ada di yayasan Almubarakah dalam memotivasinya supaya kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan baik dan lancar tanpa hambatan baik itu dari segi moril atau materil.

            Dalam penelitian deskriptif  kualitatif, data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka, oleh karena itu laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan


[1] Rakhmat. Metode Penelitian, h. 22

[2].Rosyadi Ruslan, Metode Penelitian Publik Relations dan Komunikasi (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004), h. 213. Lihat juga Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikas: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2006), h. 69.

Komentar